Apa yang dimaksud dengan penjaminan emisi

Berdasarkan hasil pemeriksaan, perusahaan membuat keputusan: positif, yaitu memberikan pinjaman, atau negatif - menolak memberikan pinjaman.

Setiap bank resmi, sebelum meminjamkan uang kepada peminjam, dengan hati-hati menganalisis data peminjam mengenai riwayat kreditnya. Selain itu, setiap perusahaan memiliki sistem verifikasi pelanggan sendiri. Salah satu jenis analisis adalah underwriting, apa itu underwriting, mari kita jelaskan dengan kata-kata sederhana.

Apa yang dimaksud dengan penjaminan emisi?

Untuk memperjelas apa itu underwriting, mari kita jelaskan definisi istilah tersebut dengan kata-kata sederhana. Underwriting adalah penilaian terhadap data peminjam, berdasarkan data tersebut bank menentukan kemungkinan peminjam membayar kembali pinjaman tanpa agunan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Dengan demikian, mereka menilai risiko mereka sendiri, seandainya mereka menyetujui untuk meminjamkan uang kepada seseorang.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, perusahaan membuat keputusan: positif, yaitu memberikan pinjaman, atau negatif - menolak memberikan pinjaman.

Ada 2 jenis penjaminan emisi:

  • Otomatis (penilaian);

  • Individu.

Dalam hal verifikasi otomatis, bank menerapkannya jika perlu untuk melakukan penilaian cepat terhadap solvabilitas peminjam sebelum menyetujui pinjaman darurat dalam jumlah kecil. Biasanya, program semacam itu menggunakan sistem poin, yaitu manajer memasukkan informasi yang diperlukan ke dalam layanan, dan setelah memeriksanya, skor yang sesuai diberikan, dan keputusan dibuat berdasarkan skor tersebut. Pemeriksaan ini dianggap sebagai pemeriksaan cepat karena membutuhkan waktu hingga 1 jam.

Sedangkan untuk penjaminan perorangan, metode ini digunakan untuk pinjaman tunai dalam jumlah besar, seperti pinjaman hipotek. Jangka waktu untuk pemeriksaan semacam itu dapat memakan waktu dari satu hari hingga 10 hari kalender.

Hasilnya, dan oleh karena itu keputusan atas aplikasi itu sendiri, dalam hal penjaminan individu, dibuat oleh penjamin emisi yang telah menganalisis informasi individu yang diberikan kepadanya.

Apa yang dimaksud dengan penjaminan emisi di bank?

Jika kita mempertimbangkan penjaminan emisi di bank, atau lebih tepatnya definisi dari apa itu penjaminan emisi, akan ada 3 arah di sini. Agar lebih mudah memilah-milahnya, mari kita beri nomor pada masing-masingnya sebagai kelompok yang terpisah:

  • Estimasi pendapatan. Indikator untuk penilaian semacam itu diambil tidak hanya berdasarkan tingkat gaji peminjam, tetapi juga memperhitungkan pendapatan dari deposito, jumlah properti yang diperoleh atau dana di rekening bank;

  • Analisis riwayat kredit. Solvabilitas klien dan kewajibannya kepada bank diperiksa, serta utangnya, jika ada;

  • Kemungkinan agunan dari pinjaman yang diambil. Jika peminjam tidak membangkitkan kepercayaan yang tinggi pada bank, selama pemeriksaan, mereka dapat memberlakukan persyaratan untuk mengambil pinjaman, mensertifikasi, sebagai objek asuransi pembayaran utang, beberapa real estat, atau rincian rekening di bank, serta sekuritas.